Pemikiran KH. Wahid Hasyim Tentang Pembeharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dan Relevansinya Pada Era Globalisasi.

Kuswahyutin, Eli (2010) Pemikiran KH. Wahid Hasyim Tentang Pembeharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dan Relevansinya Pada Era Globalisasi. Skripsi thesis, IAIIG Cilacap.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

ELI KUSWAHYUTIN. 072 321 851.Pemikiran KH. A. Wahid HasyimTentangPembaharuansistemPendidikanPondokPesantren Dan RelevansimnyaPada Era Globalisasi.Prodi PAI FakultasTarbiyah.Institut Agama Islam Imam GhozalCilacap. 2010. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipemikiran KH. A. Wahid Hasyimtentangpembaharuansistempendidikanpondokpesantren Dan jugauntukmengetahuibagaimanarelevansimnyapada era globalisasi. Dalampenelitianini, penulismenggunakanmetodedeskriptifanalitis, sebabpenelitianinibersifatkualitaif.Penulismelakukanpenelitiandenganmenunjukanfaktada n data sistimatisdanakuratberkenaandenganfenomena yang sedangdiselidiki.Agar penelitianinimengarahmakapenulismembatasipermasalahanpadaPemikiran KH.A. Wahid HasyimTentangPembaharuansistemPendidikanPondokPesantren Dan RelevansimnyaPada Era Globalisasi. Pondokpesantrenmerupakanlembagapendidikan Islam yang tumbuhdanberkembang di Indonesia, merupakanasetNasionaldanmemilikiperanbesardalamupayamencerdaskankehidupanban gsa.KH.A. Wahid Hasyimmenyadaribahwatujuanpendidikan Islamkhususnya di lingkunganpesantrensaatitulebihterorientasipadawilayahakhiratnyaristerlepasdariurusand unia.Dari siniKH.A. Wahid Hasyimmemberikanteorialternatifkepadasantri. Hal pertama yang beliaulakukanadalahmencobamenerapkan model pendiddikanklasikaldenganmemadukanunsurilmu agama danilmuumum di pondokpesantren. Dari sinilahkemudianbeliaumerintispendidikanklasikaldenganmendirikan madrasah Nidhomiyah.Dari sinilahbeliaudikenaalsebagaitokohpenididikan modern dikalanganpondokpesantren. Dari penjelasan di atas, penulismenyimpulkanbahwapemikiranKH. A. Wahid Hasyimtentangpembaharuansistempendidikanpondokpeesantrenmeliputitujuan ,materi, danmetodebandongandigantidenganmetode tutorial yang sistimatisdengantujuanuntukmengembangkaninisiatifdankepribadiansantri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Sandi Aji
Date Deposited: 25 Feb 2017 06:41
Last Modified: 25 Feb 2017 06:41
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item