“Kontribusi Penerapan Model Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Islam Karangjati terhadap Hasil Ujian Praktek Keagamaan di MTs Al-Mukarromah Sampang.”

Siti lailiyah, lailiyah (2012) “Kontribusi Penerapan Model Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Islam Karangjati terhadap Hasil Ujian Praktek Keagamaan di MTs Al-Mukarromah Sampang.”. Skripsi thesis, IAIIG CILACAP.

[img]
Preview
Text
HAL JUDUL DST..pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
Official URL: http://pai.iaiig.ac.id

Abstract

Siti Lailiyah, 06232718, Kontribusi Penerapan Model Pendidikan Pesantren Nurul Islam Karangjati Kecamatan Sampang Terhadap Hasil Ujian Praktek Keagamaan di MTs Al-Mukaromah Sampang, Prodi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap Tahun 2012. Tujuan diadakannya penelitian di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangjati dan kaitannya dengan MTs Al-Mukarromah Sampang adalah 1) Untuk mengetahui hubungan secara akademis atau peranan pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangjati Sampang terhadap kegiatan ujian praktek keagamaan di MTs Al-Mukarromah Sampang. 2) Untuk mengetahui penyebab kurang maksimalnya prestasi siswa santri di Pesantren Nurul Islam Karangjati dalam ujian praktek keagamaan yang di laksanakan di MTs Al-Mukarromah Sampang. Penelitian ini adalah merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualiatif dan menggunakan metode deskriptif dimana peneliti berusaha menuangkan data yang diperoleh tidak dalam bentuk bilangan atau angka statistik, namun peneliti melakukan analisa data dengan memberi paparan dan gambaran mengenai situasi yang dieliti dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dasarnya peranan pendidikan di pondok pesantren Nurul Islam Karangjati Sampang terhadap kegiatan ujian praktek keagamaan di MTs Al-Mukarromah Sampang. sangat besar, karena secara otomatis para siswa yang juga santri pondok juga mendapatkan ilmu pengetahuan atau materi yang sama dengan pendidikan agama yang ada di MTs Al-Mukarromah Sampang sehingga anak didik tidak kaget. Meski demikian kenyataan telah membuktikan bahwa ternyata masih banyak siswa MTs Al-Mukarromah Sampang yang juga santri pondok yang masih kurang maksimal dalam pelaksanaan ujian praktek keagamaan Jika melihat hal tersebut di atas, berdasarkan hasil pengkajian yang penulis lakukan, paling tidak ada dua hal yang menurut penulis menjadi faktor dominan kurang maksimalnya prestasi santri pondok pesantren Nurul Islam dalam ujian praktek keagamaan di MTs Al-Mukarromah Sampang yakni persoalan koordinasi, dalam hal ini antara Pondok pesantren dengan MTs Al-Mukarromah yang masih belum optimal. Adapun persoalan yang lain yaitu kurang maksimalnya monitoring yang dilakukan oleh para ustadz di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangjati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Arifin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Feb 2017 15:44
Last Modified: 27 Feb 2017 15:44
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item