Implementasi pola asuh dalam pembenetukan pribadi Mulsim di pondok pesantren Nuururrohman Sirau Kemranjen Banyumas Tahun 2010/2011.

Khazis, Khazis (2011) Implementasi pola asuh dalam pembenetukan pribadi Mulsim di pondok pesantren Nuururrohman Sirau Kemranjen Banyumas Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, IAIIG Cilacap.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)

Abstract

Nama : Khazis ; NIM : 072322044 Dengan judul skripsi : “IMPLEMENTASI POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM DI PONDOK NUURURROHMAN SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010-2011” Dalam globalisasi yang makin menguat, Islam meberitahukan kepada setiap orangtua bahwa anak yang ada disisinya adalah amanah Alloh. Kalau orangtua tidak dapat menuanaikan amanah Alloh dalam hal membimbing dan memelihara anak tersebut, adalah suatu dosa telah menjadi beban orangtua yang dapat membuat hidupnya menderita hingga di akhir kelak. Pola asuh islami adalah kondisi penjiwaan seorang anak yang dipenuhi oleh nilai-nilai kebenaran dan kepatuhan. Kebenaran bersumber dari ajaran-ajaran Islam. Nilai-nilai ketulusan terhadap ajaran islam. Pola asuh islami memiliki arti penting dalam mempengaruhi segala aktifitas, baik aktifitas terhadap teman maupun aktifitas belajar siswa. Pondok pesantren di Indonesia tak jarang telah diposisikan mempunyai peran ganda bahkan multifungsi. Yakni sebagai pilar pengetahuan sekaligus sebagai penjaga moral bagi anak didik. Bahkan tidak jarang para kyai ustadz dianggap sebagai orang kedua setelah orangtua anak didik dalam proses pendidikan secara global. Salah satu fungsi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan islam adlah kemampuan menyerap dan memberikan alternative pemecahan pola-pola penyadaran akan etika dan tata karma bagi umat Islam. Hal ini disebabkan bahwa hubungan yang langsung bahwa keberadaan pondok pesantren Nuururrohman Sirau yangsarat dengan suasana religiusitas dan kesadaran akan dinamika perubahan masyarakat. Penentuan lokasi penelitian dalam hal ini lokasi yang penulis pilih adalah pondok pesantren Nuururrohman Sirau Kemranjen, sehingga sebagai subjek penelitiannya adalah kyai/pengasuh, dewan ustadz dan sampel santri Implementasi pola asuh Islami dalam pembentukan pribadi muslim di pesantern Nuururrohman sesuai konsep Pendidikan Islam, yakni melalui kegiatan yang sebagaimana dengan tingkatan-tingkatan santri, misalnya pada pemahaman pada dinamika semkin solidnya aktifitas jama’ah manakib Syekh Abdul Qodir Jaelani, sebagai bentuk ritual keagamaan, yang secara komperehensif dapat dipahami sebagai pilar implementasi pembentukan pribadi muslim dan bertindak secara professional sebagaimana profesi-profesi lain yang menuntut adanya suatu keahlian yang lebih spesifik. Faktor inilah yang dapat benar-benar focus pada peran dan fungsinya sebagai tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Sandi Aji
Date Deposited: 26 Feb 2017 08:05
Last Modified: 26 Feb 2017 08:05
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item