Hubungan Antara Sikap Diri Santri dengan Perilaku Berbusana Muslimah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas).

Wafiaturohmah, Yuni (2009) Hubungan Antara Sikap Diri Santri dengan Perilaku Berbusana Muslimah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas). Skripsi thesis, IAIIG Cilacap.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Penyusunan skripsi ini bermula ketika perbincangan dengan beberapa santri dari sebuah Pondok Pesantren mengenai trend busana muslimah yang sedang marak saat ini. Sangat menarik ketika mereka menanggapi fenomena yang ada dengan persepsi yang berbeda-beda. Dalam pembicaraan terdapat beberapa santri yang tahu tentang kaidah berbusana muslimah kemudian mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan ada juga yang pengetahuannya tentang busana muslimah masih sangat minim dan belum mengenakan busana muslimah selain di lingkungan pesantren. Dengan berbagai alasan mereka menyatakan mengapa belum berbusana muslimah salah satunya mereka hanya akan mengenakanjika memang benar-benar sudah siap. Bermula dari kenyataan tersebut makapenulis menjadikannya sebagai bahan penelitian, yang kemudian mencari lokasi penelitian di pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) untuk mengetahui sikap diri santri di pondok pesantren Miftahul HudaPesawahan Rawalo Banyumas, (2) untuk mengetahui perilaku berbusana muslimah para santri di pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas, dan (3) untuk mengetahui hubungan antara sikap diri santri dengan perilaku berbusana muslimah di pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas. Ketika proses penelitian berlangsung, banyak hal yangdiperoleh. Penulis menyebarkan angket kepada 48 santri pondok pesantren Miftahul Huda sebagai subyek penelitian yang meliputi angket sikap diri santri dan angket perilaku berbusana muslimah. Proses penelitian juga didukung dengan meneliti dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulanbahwa terdapat hubungan antara sikap diri santri dengan perilaku berbusana muslimah. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil analisis data dimana nilai r hitung > dari r tabel (0,301>0,291).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Sandi Aji
Date Deposited: 26 Feb 2017 08:04
Last Modified: 26 Feb 2017 08:04
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item