Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kematangan Santri MA El Bayan Tahun 2009/2010.

Khamim, Khamim (2010) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kematangan Santri MA El Bayan Tahun 2009/2010. Skripsi thesis, IAIIG Cilacap.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

Khamim (NIM : 072321977) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kematangan Santri MA El Bayan Tahun 2009/2010. Skripsi. Cilacap. Fakultas Tarbiyah IAIIG 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di MA El Bayan, 2) Tingkat Kematangan Santri MA El Bayan setelah mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak, 3) Pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kematangan santri MA El Bayan tahun 2009/2010. Skripsi Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kematangan Santri MA El Bayan Tahun 2009/2010 ini menggunakan metode angket (kuisioner), interview (wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan hipotesis Ho : Γxy = 0 artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kematangan santri MA El Bayan Majenang. dan Ha : Γxy ≠0 artinya terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kematangan santri MA El Bayan Majenang. Pendidikan Akidah Akhlak merupakan salah satu bidang studi yang wajib diberikan pada peserta didik di tiap jenjang pendidikan. Hal ini mengandung arti bahwa pendidikan Akidah Akhlak merupakan bagian yang terintegrasi ke dalam keseluruhan program / kurikulum sekolah. Setelah menganalisa data yang ada maka skripsi ini berkesimpulan : 1) Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MA El Bayan Majenang telah berjalan kondusif sesuai dengan keinginan berbagai pihak dan sesuai dengan kurikulumyang telah ditetapkan, menggunakan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sedangkan ruang lingkup materinya mengacu pada Standar Isi (SI) Permenag2008. 2) Kematangan santri MA El Bayan Majenang berdasarkan hasil penelitian menunjukkan fakta adanya perkembangan, baik secara intelektual, emosional, spiritual (kesadaran), sosial, maupun aspek jasmaniahnya. 3) Berdasarkan penelitian, pembelajaran Akidah Akhlak telah berpengaruh secara signifikan terhadap kematangan santri dengan nilai korelasi product moment antara variabel X dan Y sebesar 0,764, yang berarti terdapat hubungan yang kuat atau tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Sandi Aji
Date Deposited: 25 Feb 2017 16:53
Last Modified: 25 Feb 2017 16:53
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item