Kemandirian Santri dalam Tradisi Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas.

Rokhimah, Rokhimah (2010) Kemandirian Santri dalam Tradisi Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas. Skripsi thesis, IAIIG Cilacap.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Nama: Rokhimah, NIM: 052321060, Fakultas/Prodi: Tarbiyah/PAI, Judul: Kemandirian Santri dalam Tradisi Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas Tujuan pemelitian ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang model pendidikan dan tradisi pondok pesantren dalam upayapembentukan kemandirian santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas. Metode penelitian dalam sekripsi ini menggunakan metode diskriptif kualitatif non statistik yang mengacu pada pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun lokasi penelitianadalah pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas. Alasan pengambilan lokasi adalah jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal penulis dan keinginan untuk membuktikan adanya kegiatan-kegiatan pondok pesantren yang berkaitan erat dengan kemandirian pada santri. Sedangkan dalam penelitian tersebut menghabiskan waktu kurang lebih lima bulan terhitung dari tanggal 30 Agustus 2009 sampai dengan 30 Januari 2010, sedangkan yang dijadikan subjek penelitiannya adalah seluruh elmen pondok pesantrenMiftahul Huda Pesawahan Rawalo Banyumas, meliputi; kyai, ustadz dan santri serta masyarakat sekitar. Dari data yang telah diperoleh kemudian di uji tentang keabsahanya yang kemudian ditarik menjadi kesimpulan sementara. Model kemandirian santri yang menjadi tradisi di pondok pesantren Miftahul Huda Pesawahan Rawalo meliputi: Berfikir, Beribadah, Perilaku dan Kretifitas yang menuju pada kemandirian seperti bentuk ketrampilan perbengkelan, menjahit, teknik komputer, pertanian dan peternakan. Adapun Tradisi pendidikan pesantren sebagai salah satu upaya pembentukan kemandirian santri dapat dilihat dari faktor: kyai dan para ustadz serta lingkungan pondok pesantren tersebu, adapun metode pengajaran dalam lingkup pesantren tersebut cenderung kepada sistem sorogan, bandongan, hafalan dan halaqoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Sandi Aji
Date Deposited: 25 Feb 2017 16:53
Last Modified: 25 Feb 2017 16:53
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item