Studi Tentang KesiapanPendidikan Pesantren Dalam Merespon Tantangan Dunia Kerja Bagi Santri PPAI Putri Kesugihan Cilacap Tahun 2009/2010.

Musrifah, Musrifah (2010) Studi Tentang KesiapanPendidikan Pesantren Dalam Merespon Tantangan Dunia Kerja Bagi Santri PPAI Putri Kesugihan Cilacap Tahun 2009/2010. Skripsi thesis, IAIIG Cilacap.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mewujudkan kesejahteraan secara menyelurah, bukanlah sesuatu yang mudah dikerjakan, katena untuk mewujudkan kesejahteraan yang menyeluruh baik material maupun spiritual, hanya mungkin tercapai dengan beberapa kondisi tidak mustahil bahwa dari Pondok Pesantren ini akan dapat menjadi salah satu solusialternatif di dalam mengatasi salah satupersoalan pendidikan negara kita yang saat ini sedang menghadapi berbagai krisis, termasuk krisis ekonomi dunia pesantren, memang terdapat kemiripan dengan tata laksana pengajaran dalam ritual keagamaan Hindu, dimana terdapatnya penghormatan yang besar oleh murid (santri) kepada kyainya Nilai-nilai kepesantrenan yang dikembangkan oleh pondok pesantren seiring dengan perjalanan sejarah sering mengalami dinamika yang cukup tinggi. Pada awalnya sebelum masnk ke dalam sistem pendidikan madrasah/sekolah Nilai lain yang ditanamkan di pesantren adalah sikap berani, mandiri, teguh dalam pendirian, mempunyai ide murni dan akhlak mulia dalam hidup bermasyarakat.Banyak orang pandai yang gagal dan tidak dihargai orang dalam hidup bersama, prinsip pelatihan adalah keseluruhan, kesinambungan, objektif, keterpaduan, akuntabilitas. Pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk karakter / watak, mendewasakan, memandirikan dan memberdayakan, menghasilkan manusia yang bermoral, berkarakter, siap hidup,otentik atau menjadi manusia pembelajar, basis utamanya bukan di sekolah, tetapi di rumah, lingkungan hidup, masyarakat atau kelompok informal. Pendidikan atau pembelajaran tidak ada lembaga pendidikan saja, namun pada kehidupan nyata itu sendiri. Dengan adanya kegiatan pelatihan wiraswasta ini, juga kegiatan khitobah dan Tahlil juga untuk memupuk rasa kebersamaan, juga terkait denganmereka yang tidak suka kegiatan tahlil berarti ikut memasyarakatkan tahlil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.341 Pesantren
Fakultas: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Sandi Aji
Date Deposited: 25 Feb 2017 16:52
Last Modified: 25 Feb 2017 16:52
URI: http://eprints.iaiig.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item